Friday, June 27, 2008

Ketua PMI Cabang Siantar/Simalungun Membuka Jumbara PMR




Bimbingan dan Pengarahan Sekaligus membuka dengan resmi
Jumbara Cabang PMR IV dan
Kelompok Remaja Peduli HIV&AIDS dan Narkoba
Tingkat Kabupaten Simalungun / Kota Pematangsiantar
Oleh : Bapak Dr. Sarmedi Purba,
Ketua PMI Cabang Siantar - Simalungun,
Tanggal : 17 Juni 2008 ( Selasa )
bertempat di Lemdikacab Pramuka Kab. Simalungun
-----------------------------------------------------------------------

Bapak/Ibu/Saudra-Saudara para peserta Jumbara:

Pada hari ini kita berkumpul untuk memulai Jumpa Bakti Gembira Cabang IV Palang Merah Remaja dan Kelompok Remaja Peduli HIV & AIDS dan Narkoba, Tingkat Kabupaten Simalungun dan Kota Pematangsiantar.

Jumbara yang berlangsung beberapa hari ini disemangati gerakan TOGETHER FOR HUMANITY yang dideklarasikan tahun yang lalu di Jenewa. Yaitu Semangat BERSAMA UNTUK KEMANUSIAAN atau saya lebih suka mengatakan GOTONG ROYONG UNTUK KEMANUSIAAN.

Pada deklarasi itu ditekankan sekali aspek togetherness, yakni orang-orang bekerja dengan tujuan bersama saling menolong, yang memampukan kita untuk mengubah secara signifikan, nasib korban bencana, permusuhan, kemiskinan dan krisis kesehatan.

Karena itu kami Pengurus Cabang PMI Kota Pematangsiantar dan Kabupaten Simalungun menyambut gembira kegiatan Jumbara PMR dan Kelompok Remaja Peduli HIV/AIDS & Narkoba yang memulai kegiatannya hari ini. PMR dan Kelompok Remaja ini merupakan wadah generasi muda PMI, yang dapat di laksanakan di sekolah dan di luar sekolah.

Dalam proses pembinaan, anggota remaja PMI yang disebut juga anggota PMR dan Remaja Peduli HIV/AIDS & Narkoba yang difasilitasi dengan peningkatan pengetahuan, ketrampilan, dan sikap sehingga dapat menjadi remaja yang berkarakter kepalangmerahan yaitu mengetahui, memahami, dan berperilaku sesuai prinsip dasar gerakan Palang Merah Dengan peningkatan pengetahuan, ketrampilan, dan sikap yang telah dimiliki dan terus dikembangkan, mereka juga dapat berperan sebagai Peer Educator atau pendidik sebaya, berbagi pengetahuan, ketrampilan, dan sikap kepada teman sebayanya, sehingga terjadi peningkatan ketrampilan hidup atau “ life skill “ untuk mendorong terjadinya perubahan perilaku positif pada remaja.

Bapak, Ibu, Saudara-Saudara dan adik-adik Peserta Jumbara,

Jumbara yang kita kemas dengan berbagai kegiatan dan metode, baik didalam maupun luar ruangan ini, tidak hanya bermanfaat bagi anggota, Namun juga melibatkan peran serta para pelatih, Pembina, Staff dan Pengurus PMI, khususnya dalam proses pembinaan dan pengembangan PMR serta Kelompok Remaja Peduli HIV&AIDS dan Narkoba jangka panjang.

Tujuan kita melaksanakan kegiatan ini √°dalah untuk meningkatkan karakter kepalangmerahan bagi para peserta dan pelaksana dalam penerapan sebagai pendidik sebaya, melalui pendekatan ketrampilan hidup sekaligus untuk mengevaluasi proses pembinaan terutama dalam hal pelatihan, dan pengembangan kapasitas.

Untuk mengembangkan ketrampilan yang mereka peroleh pada Jumbara ini saya menghimbau untuk mempraktekkannya di sekolah masing-masing, dengan mengadakan survey pada daerah rawan bencana, termasuk akibat kemiskinan.

Dengan pemberian BLT (bantuan langsung tunai) oleh pemerintah pada tahun ini, kita telah mendeklarasikan desaster kemanusiaan, bahwa banyak yang tidak mempu lagi untuk bertahan hidup tanpa subsidi, khususnya akibat naiknya harga kebutuhan pokok seperti pangan, akibat kenaikan tarif BBM (bahan bakar minyak). PMR harus terjun bersama PMI mencari orang yang ditimpa musibah ekonomi, membantu mereka dengan menghimpun dana dan bahan makanan dari tetangga, masyarakat kota di dalam dan di luar negeri.

Kesiapan kita untuk bencana merupakan kunci keberhasilan kita menangani bencana,
seperti yang telah dicananagkan pada konferensi Together For Humanity pada ICRC/International Conference for the Red Cross tahun lalu di Jenewa.

Dengan harapan-harapan itu marilah kita sama-sama membuka Jumbara ini:

DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESA, Jumbara Cabang PMR IV dan Kelompok Remaja Peduli HIV&AIDS dan Narkoba Tingkat Kabupaten Simalungun / Kota Pematangsiantar dengan resmi kami buka.

Semoga Tuhan Yang Maha Esa, meberkati kita semuanya dalam melaksanakan missi kemanusiaan ini.

Pematangsiantar, 17 Juni 2008.


Pengurus Cabang
PALANG MERAH INDONESIA
Kab.Simalungun/Kota P.Siantar
Ketua,


Dr. med. SARMEDI PURBA, SpOG

No comments: